Makan pizza

” Enn  kamman ngothei  mai ye sek hou mo a ?” kata majikan dengan tiba-tiba.

Hou hou, ngo hou cungi a! ” jawabku sambil setengah terkejut karna asyik main hp.

Mmmm  makan malam ini hari berganti menu,  horeeee  sangat mengasyikan yang biasa nya nemu hari-hari nasi melulu sebel dech ..!

Hou, ngothei sek mei hou a, sek min wakcee matono?” kata majikan mengajukan pilihan padaku.

“mmmm,  houmun na sang yat sek min sek mimpau!” jawabku sedikit males.

” ahaaa sek pizza hou moa ?” sekali lagi tanya si majikan.

Tong peng-peng, nei mai fanlei  hou moa, ngo em hoi?”

Hou-hou hoye, ngo yika hoi mai ha ?” kataku pada majikanku

Dalam 6hari siang malam selalu masak nasi plus sayur dan lauk yang sangat sederhana. Kebetulan banget ini hari aku bisa bebas lepas maian  hp sepuasnya hehehehe.

hiiiiii  dinginnn,  Ya Allah kenapa dingin nya bukan main.

Sampai di penjual pizza di Slides pizzeria, aku segera ambil brosur.

Ahaa ternyata pelayannya pinter berbahasa Indonesia, Woow hebat !

“ma’af aku mau yang nggak ada babinya”

pelayan nan cantik dan ramah tersebut menjawab: ” Tenang semua menu ini nggak pake daging babi, dagingnya kita pake daging ayam dan daging sapi”

“o o o  ”  aku manggut-manggut.

ya karna baru sekali ke restoran tersebut jadi bingung dech milihnya,

“okey aku minta ini 1lembar, 3lembar ini campur ini!” sambil menunjuk brosur,

“minumnya 1grapetiser, dimakan sini satu potong ya, yang 4Cheese di bawa pulang.”

Aku bayar semua pesanan itu.

“okey, silakan tunggu sebentar? “

“okey, trimakasih” jawabku sambil senyum-senyum.

Dalam pikirku biarin majikan nunggu in agak lama habis diluar dingin minta ampun.

Aku ambil duduk di pojok dekat tumpukan majalah, walau tak bisa membaca huruf china, tapi bisa melihat gambar-gambarnya yang indah dan menarik.

Pelayan cantik tu datang membawakan permintaan ku tadi,

“Yang di bawa pulang bentar lagi ya, leng loik !

” makasih, okey gak papa, trimakasih !”

Aku nikmati pizza tersebut  mmmm  sedap, nyum- nyum!   eitt  masih ada yang kurang sambel tabasco.

Aku beri setetes tabasco   wowwww sampai kesedak,  ya karna pedasnya tabasco langsung menyerang hidung. hehehehe tapi sensasi hmmmmm lumayan nikmat bikin tubuh berkeringat. 15menit sudah aku makan pizza tesebut, bener-bener  lezat.  Apa jarang makan/tidak pernah makan tu ya? kok lega banget.

“Cece, yang dibawa pulang udah, lom?”

“3menit lagi ya”

” okey”

Setelah pesanan yang dibawa pulang siap aku segera pulang, sambil lari-lari kecil karna waktunya kelamaan.

bersambung…..

 

ket:

En  kamman ngothei mai ye sek hou mo a= an malam ini kita keluar makan, gimana.

Hou hou, ngo hou cungi a!= baik baik seneng aku !

Hou, ngothei sek mei hou a,sek min wakcee matono?= baik, kita makan apa enak nya, mie apa MC donal?

“mmmm,  houmun na sang yat sek min sek mimpau!= mmmm jenuh a tiap hari makan mie makan roti!
ahaaa sik pizza hou moa ?=ahaa  makan pizza gimana?
Tong peng-peng, nei mai fanlei  hou moa, ngo em hoi= adem-adem, kamu beli dibawa pulang ya? aku gak pergi.
Hou-hou hoye, ngo yika hoi mai ha ?= baik-baik horeee, sekarang aku pergi beli?
leng loik =anak cantik

Cece= Mbak

Tahukah,8 tips memilih kosmetik yang tepat

Memilih kosmetik sangatlah penting bagi kita, untuk menghindari alergi seperti ruam”, gatal” serta jerawat.

Setiap orang memiliki kulit yang berbeda dan unik. Begitu pula wajah tiap orang memiliki karakteristik yang berbeda dan harus dipertimbangkan dalam memilih kosmetik. Memahami karakteristik kulit sebelum membeli kosmetik  sangat lah penting untuk menghindari eye shadow luntur sebelum makan siang atau foundation terlihat berlapis.

Berikut beberapa tips untuk memilih kosmetik yang tepat.

1.Hindari kosmetik yang kering dan mengiritasi kulit.

               Setiap jenis kulit akan bereaksi berbeda terhadap berbagai jenis kosmetik. Bahkan suatu merek eye shadow cocok untuk kita, lipstik dari merek yang sama tidak cocok. Hal ini karena jenis kulit pada kelopak mata mungkin sangat berbeda dengan jenis kulit pada bibir kita.

Ketika  memilih kosmetik seperti foundation, misalnya hindari kosmetik yang membuat kulit kering dan mengelupas. Sayangnya kita mungkin harus mencoba beberapa produk untuk mendapatkan produk yang benar-benar cocok.

2.Pertimbangkan warna kulit ketika memilih kosmetik.

           Memilih warna yang salah, terlalu terang atau terlalu gelap akan membuat kosmetik kurang menarik. Pilih kosmetik yang cocok dengan warna kulit kita.

Foundation, eye shadow dan eyeliner gelap akan cocok bagi mereka dengan warna kulit coklat atau zaitun.  Dan untuk kulit pucat, harus memilih warna yang lebih ringan.

3.Belilah produk yang berkualitas.

            Make up berkwalitas mungkin tidak terlalu ramah di kantong, tapi make up murah/berkwalitas rendah berpotensi memberi masalah besar pada kulit. Make up kwalitas rendah sering tidak nampak menyatu dengan wajah, sehingga memberi kesan kita memakai topeng/lapisan plastik. Carilah kosmetik berkwalitas, jika memilih kosmetik bermutu tidak harus membuat kantong jebol.

4.Kulit kering.

             Jika kita mempunyai kulit kering, jangan putus asa. Kita harus memakai foundation jenis creme. Hindari produk dengan formula tanpa minyak karena cenderung membentuk garis-garis pada wajah.

Kelembaban adalah kunci dalam pemilihan lipstik dan lipsglos. Cari lipstik dengan pelembab dan gunakan lipsglos yang memiliki kandungan seperti lidah buaya/vitamin E. Keduanya akan memberikan kelembaban pada bibir.

5.Kulit sensitif.

             Carilah produk yang diberi label khusus untuk digunakan pada kulit sensitif. Non alergi adalah kata kunci yang perlu kita cari pada label. Hindari produk dengan tingkat bahan pengawet yang tinggi.

6.Kulit kombinasi.
           Kita dapat memilih produk yang berbeda pada bagian wajah yang berbeda, atau kita dapat memilih produk yang khusus di ciptakan untuk kulit kombinasi. Bahkan kulit normal juga memiliki wilayah yang lebih/kurang berminyak dari daerah lain.
7.Kulit berminyak. 
            Untuk kulit berminyak gunakan produk yang tidak akan menyumbat pori-pori. Usap kulit dengan lembut menggunakan spons secara berkala guna menghapus kesan berminyak.
8.Pilih pembersih.
           Hindari pembersih yang keras/membuat kulit kering begitu pula pembersih yang mengandung banyak minyak. Pembersih kulit terbaik dari semua jenis kulit adalah pembersih yang larut dalam air dan lembut pada kulit.
 Semoga bermanfa’at !
Sumber: terselubung.com


Khasiat Jambu biji

jambu biji merah Khasiat Jambu Biji Yang Bagus Untuk Diketahui

Jambu biji kita semua sangat tahu dan pernah makan yang namanya Jambu Biji. Siapa yang belum pernah makan jambu biji hayoooo?

Jambu biji, buah yang tidak kalah bermanfaat dan ternyata mempunyai banyak manfaat. Jambu biji yang memiliki nama Latin: Psidium guajava L ini memiliki banyak manfaat, kandungan gizinya yang tinggi, juga bisa untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Kandungan vitamin C pada jambu biji 2kali lebih tinggi di banding dengan vitamin C pada jeruk manis. Kandungan vitamin C ketika jambu biji akan matang sangatlah banyak yang terdapat pada kulit dan daging buah. Jadi, dengan kandungan vitamin C yang tinggi ini, jambu biji memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Masih ada lagi lagi jambu biji ini juga memiliki pektin yang sangat menunjang manfaat jambu biji. Pektin adalah serat yang yang larut dalam air, jadi juga jambu biji juga berfungsi untuk menurunkan  kadar kolesterol.

Di Research Center Morrabad dan Singh Medical Hospital, India telah melakukan penelitian ini. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa benar jambu biji bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan juga menurunkan tekenan darah.

Jambu biji ini juga mengandung likopen yang jumlahnya tidak sedikit, zat likopen ini memiliki fungsi untuk mencegah penyakit kanker, dan juga melindungi tubuh dari antioksidan. Dan juga masih banyak lagi yang sangat bermanfaat seperti zat samak, damar, asam apfel, triterpinoid tanin dan eugenol.

 

Manfaat Jambu Biji

  •  Jambu biji memiliki fungsi untuk memperlancar sistem pencernaan, memperkuat jantung dan anti kanker. Lakukan dengan membuat jus jambu biji, melon dan apel, tambahkan madu murni sekitar 100cc. Blender campuran itu, minum secara rutin setiap pagi dan sore.
  • Jambu biji mengatasi penyakit maag. Bahan siapkan 8 helai daun jambu biji, cuci dan rebus menggunakan air sebanyak 1,5 liter. Minum air rebusan 3kali sehari.
  • Jambu biji sebagai obat untuk disentri. Sediakan daun dan akar jambu biji secukupnya, potong kecil-kecil, cuci dengan air bersih dan rebus. Lalu minum sampai tidak mengalami disentri lagi.

Semoga bermanfaat …

 

Sumber: diethuteri.com

 

 

Khasiat melati

Bunga Melati (Jasminum sambac, Ait)Nama Latin :

Jasminum sambac, Ait.

Nama Daerah :

Melur (Jawa), Malati (Sunda), Malate (Madura), Menuh (Bali).

Habitat :
Ditanam sebagai tanaman hias, juga tumbuh bebas di hutan.


Deskripsi :
Melati (jasminum sambac) termasuk tanaman yang mempunyai banyak manfa’at.Bunganya berwarna putih mungil dan berbau harum, sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Melati, dapat berbunga sepanjang tahun dan dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur dengan ketinggian sekitar 600 atau 800 meter diatas permukaan laut, asalkan mendapatkan cukup sinar matahari. Melati dapat di kembang biakkan dengan cara stek. Tunas-tunas baru akan tampak setelah berusia sekitar 6 minggu.


Kandungan Melati:
Melati mengandung senyawa-senyawa unsur kimia yang besar manfaatnya untuk pengobatan. Kandungan kimia yang ada tersebut antara lain indol, benzyl, livalylacetaat.

Khasiat Melati :

Bunga melati berkhasiat untuk mengatasi Kelebihan ASI, Sakit mata, Demam, Sakit Kepala, Sesak Napas dll.

Resep Tradisional Melati:

  • Sesak napas : Bahan: 20 lembar daun melati dan garam secukupnya Cara membuat: bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Cara menggunakan: ditempel di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
  • Bengkak akibat serangan lebah : Bahan: 1 genggam bunga melati Cara membuat: bahan tersebut diremas-remas sampai halus Cara menggunakan: ditempel pada bagian yang disengat lebah.
  • Menghentikan ASI yang keluar berlebihan : Bahan: 1 genggam daun melati Cara membuat: bahan tersebut dipipis halus Cara menggunakan: ditempel di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
  • Sakit mata (mata merah atau belek) :   Bahan: 1 genggam daun melati Cara membuat: bahan tersebut dipipis halus. Cara menggunakan: ditempel pada dahi, apabila sudah kering diganti baru, ulangi sampai sembuh.
  • Demam dan sakit kepala : Bahan: 1 genggam daun melati, 10 bunga melati Cara membuat: bahan tersebut diremas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air dalam rantang. Cara menggunakan: air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.
  • Sesak napas : Bahan: 20 lembar daun melati dan garam secukupnya Cara membuat: bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas dan disaring. Cara menggunakan: ditempel di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.

Sumber :http://www.iptek.net.id

Kurma

Kurma adalah sejenis tumbuhan (Palma) atau dikenali dalam bahasa saintifiknya sebagai Phonex dactylifera
Cara makan ada yang di masak atau yang mentah.
Kebanyakan kurma tumbuh di negara-negara Arab dan mempunyai berbagai-bagai jenis.

Antara kurma yang terkenal ialah kurma Mekkah dan Madinah yang dikatakan mempunyai berpuluh-puluh jenis. Dikalangan penduduk di negara-negara Arab kurma adalah makanan utama mereka,  malah dikalangan orang kita juga kurma sudah menjadi bahan makanan yang digemari.
Selain rasanya yang manis dan tahan lama serta tidak perlu dimasak,
kurma juga mempunyai khasiat yang banyak dan menjadi makanan utama
Baginda Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Diriwayatkan daripada Abdullah bin Jaafar katanya :
“Aku melihat Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam memakan buah-buahan dengan kurma masak.”

Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam telah menyebutkan tentang khasiat sejenis kurma yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang bermaksud :
Diceritakan oleh Jumaah bin Abdullah yang disampaikan oleh Marwan yang mendapat berita dari Ibnu Hashim bahawa Amir bin Saad mendengar bapaknya meriwayatkan, Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :
“Sesiapa yang memakan 7 biji tamar ‘Ajwah’  dia akan terhindar dari syaitan dan sihir pada hari itu”.

Khasiat kurma “Ajwah” sebagaimana yang tersebut  di dalam hadis di atas merupakan satu kelebihan yang dikurniakan Allah Subhanahu Wataala sesuai dengan kemuliannya sebagai jenis  kurma pertama yang ditanam sendiri oleh Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Terdapat juga di dalam al-Qur’an ayat yang  menyatakan tentang kelebihan buah kurma ini, yang dialami oleh Sayydatuna Maryam ketika beliau mengandung Nabi Isa ‘Alaihi Salam sebagaimana tersebut di dalam surah Maryam ayat 25 :
Tafsirnya :
“Dan goncangkan batang kurma itu,nanti ia gugurkan kurma yang masak.”
(Surah Maryam : 25)
Ayat di atas menjelaskan tentang khasiat buah kurma kepada kaum wanita yang sedang dalam nifas, bila mana Allah memerintahkan Maryam memakannya
sedang beliau dalam keadaan lemah selepas bersalin. Penemuan kajian sains tentang khasiat buah kurma yang kaya dengan unzur zat besi dan kalsium telah membuktikan bahwa perobatan cara Islam yang terkandung di dalam al-Qur’an dan hadis Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam bukanlah jenis perobatan yang semata-mata sesuai dengan keadaan iklim masyarakat Arab saja atau sudah ketinggalan zaman, tetapi ia adalah perobatan yang diiktiraf oleh dunia antara bangsa. Malah ia lebih baik daripada obat-obatan modern yang menggunakan berbagai campuran bahan yang bisa mengakibatkan efek samping yang lain.

Unsur zat besi dan kalsium yang terdapat di dalam buah kurma adalah unsur yang paling tinggi untuk membentuk susu ibu. Bagi Ibu-ibu yang mempunyai masalah kekurangan susu, maka dengan memakannya dapat membantu memperbanyak kandungan susu. Iainnya juga berperan dalam pertumbuhan anak-anak, pembentukan darah dan sumsum tulang.

Dalam uji coba membuktikan bahwa kurma adalah makanan yang paling pantas diproses sebagai bekalan tenaga. Kurma tersebut akan segera dibakar dan ia akan disalurkan ke bahagian anggota lain dan otak.

Berdasarkan ini juga Baginda Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam menganjurkan kita supaya berbuka puasa dengan buah kurma sebagaimana sabdanya daripada Anas bermaksud :

“Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam berbuka puasa dengan beberapa biji
buah kurma sebelum sembahyang. Sekiranya tiada terpadat kurma, maka Baginda Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam akan berbuka dengan beberapa biji anggur. Sekiranya tiada anggur, maka Baginda meminum beberapa terguk air.”

(Hadis riwayat Ahmad)

Sehubungan dengan hadis ini ada beberapa hadis lain yang menganjurkan agar kita berbuka puasa dengan kurma. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, beliau berkata : “Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasalla
berbuka dengan kurma  dan barangsiapa yang tidak mendapatkannya maka hendaklah ia berbuka dengan air kerana sesungguhnya air itu pembersih.

Antara hadis lain yang menyatakan kelebihan buah kurma :
Maksudnya : Dari Adiy bin Hatim,
ia berkata : “Saya mendengar Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam”
bersabda : “Hindarilah api neraka walaupun ”
(dengan memberi sedekah) sebelah buah kurma.

Hadis ini menerangkan kemuliaan buah kurma, walaupun dengan hanya kita bersedekah  sebelah buah kurma kita terhindar daripada api neraka.

Jadi bagi orang-orang yang mementingkan  kesehatan mereka agar sentiasa dapat terjaga dengan baik, buah kurma adalah amat sesuai dijadikan sebagai
salah satu makanan harian mereka khususnya di waktu pagi sebelum memulai tugas.
Khasiat kurma juga sesuai dan baik bagi pertumbuhan kanak-kanak.

Mudah-mudahan dengan amalan memakan kurma yang rutin,
kita terhindar dari berbagai kemungkinan dan dapat meneruskan tugas harian serta beribadahkepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Manusia Jawa nenek moyang nya Manusia Modern

Penggalian Manusia Purba
Darimanakah manusia berasal ?

Suku Maori (suku asli Selandia Baru) menganggap dahulu langit dan bumi menyatu. Semesta diselimuti gelap gulita. Manusia adalah hasil dari pemisahan langit dan bumi karena ulah putra bumi dan langit yang menginginkan cahaya dan mengerahkan kekuatannya untuk memisahkan ayah dan ibunya.  Sehingga manusia yang tadinya berada di dalam kegelapan mulai terlihat.

Sementara dalam dongeng Jerman, dewa langit dan dewa lainnya suatu hari sedang berjalan-jalan di tepi pantai. Pada suatu gundukan pasir mereka melihat dua buah pohon dan merubahnya menjadi manusia.
Lalu ketika zaman berganti, muncul pula Darwin dengan teori evolusi yang mengatakan manusia berasal dari kera. Teori ini perlahan mulai diterima manusia. Banyak orang berpendapat manusia adalah hasil dari suatu perubahan genetik selama berjuta-juta tahun dari suatu sosok makhluk hidup yang bernama kera.

Namun sama halnya dengan dongeng-dongeng yang diceritakan pada awal kisah tadi, orang-orang mulai bertanya, darimanakah atau dimanakah tepatnya awal dari proses evolusi itu terjadi…?

Manusia dari Eropa..?

Pilot Chesley
Di abad-abad terakhir ini, orang beranggapan benua Eropa adalah tempat berasalnya manusia, hal ini bukannya tidak beralasan. Di eropa bagian barat banyak ditemui tempat-tempat peninggalan prasejarah. Di tahun 1823 hingga 1925 ada sekitar 116 peristiwa penemuan tulang belulang manusia purba. Di antaranya ada ditemukan tulang kera yang berubah menuju bentuk manusia. Namun tetap aja, itu tulang-tulang kera. Sementara sisa-sisa zaman batu (telah melewati masa evolusi), kurang lebih ada 236 peristiwa penemuan di seluruh Eropa.

Prancis pada tahun 1856, ditemukan fosil manusia kera. Fosil itu dianggap sebagai fosil terlama yang ditemukan di masa itu. Maklumlah, saat itu riset yang dilakukan di Asia dan Afrika belum memberikan hasil yang maksimal. Jadi, bisa disimpulkan, Eropa lah tempat awal terjadinya proses evolusi itu. Apalagi para ilmuwan di Eropa saat itu tampaknya lebih memilih tempat tinggalnya sebagai tempat asal muasal manusia dan mengenyampingkan kemungkinan-kemungkinan geografis benua lain yang mungkin lebih unggul seperti Asia dan Afrika.

Eugene Dubois
Eugene Dubois
Namun pada akhir abad 19, seorang berkebangsaan Belanda bernama Eugene Dubois (1858-1940), berhasil menghadirkan penemuan yang luarbiasa di sini, di Indonesia. Eugene dan penemuannya adalah orang yang pertamakali menentang teori manusia pertama berasal dari Eropa.

Eugene Dubois adalah seorang dokter penganut setia teori evolusi milik Darwin. Dokter muda ini memiliki semangat luarbiasa hingga mampu menutupi (lebih tepatnya menemukan) kekosongan proses evolusi antara kera ke manusia. Ia percaya di Asia pasti ditemukan fosil yang lebih tua dari eropa.

Pada tahun 1887 dengan hati yang menggebu-gebu dokter Belanda ini datang ke pulau Jawa. Eugene bekerja pada sebuah rumah sakit. Pada waktu senggang ia tak segan-segan merogoh koceknya untuk menyewa 50 orang tahanan pribumi dan bersama-sama berjalan menyusuri tepi kiri dan kanan Bengawan Solo sambil meneliti lokasi potensial yang mungkin menyimpan tulang belulang manusia purba.

Siapa menyangka, pekerjaan yang nyaris tak mungkin itu membuahkan hasil. Dokter muda yang basicnya bukan seorang arkeolog ini, mendapatkan hasil yang menggemparkan dunia. Suatu hari di tahun 1890 di suatu lokasi di sekitar Bengawan Solo (daerah Sangiran), Eugene dan teman-temannya menemukan sepotong kerangka rahang atau geraham manusia purbakala.

Kemudian setahun berikutnya (1891) di kampung Trinil-Solo, mereka kembali menemukan batok kepala atau tengkorak manusia purbakala yang mencirikan kera. Selanjutnya di tahun 1892, kelompok Eugene menemukan tulang kaki manusia purba yang mirip kaki manusia modern. Dari bentuk tulang kaki itu, bisa disimpulkan pemilik tulang tersebut sudah bisa berjalan dengan kedua kakinya.

Setelah penemuan-penemuan itu Eugene mengambil kesimpulan, tengkorak atau batok kepala dan kaki itu adalah milik satu orang yang sama. Dan orang itu adalah nenek moyang dari manusia yang ada sekarang. Dengan kata lain, tulang belulang dari pertengahan mata rantai teori evolusi milik Darwin.

Pada tahun 1894 Eugene Dubois membuat semacam makalah yang berisi laporan hasil penelitiannya. Ia menamakan fosil itu sebagai “manusia kera yang berdiri” atau manusia Jawa. Belakangan, dunia arkeolog menyebutnya dengan Pithecanthropus Erectus. Setelah penemuan itu dipublikasikan, timbullah pertentangan yang hebat di kalangan para ilmuwan di masa itu. Teori manusia berasal dari daratan Eropa yang selama ini membuai para ilmuwan, seakan terbantah oleh penemuan yang luarbiasa dari Eugene Dubois.

Para ilmuwan yang mendukung teori manusia dari Eropa dibuat gelisah dan tak bisa duduk dengan tenang. Mereka pun menyatakan tidak percaya dengan penemuan Eugene dan mencurigainya. Beberapa di antara para ilmuwan malah berasumsi bahwa fosil yang ditemukan Eugene di Indonesia adalah sepotong tulang dari kera atau hewan sejenis. Sedangkan yang lainnya menganggap fosil itu adalah tulang belulang manusia cacat. Sayangnya, selain manusia Jawa temuan Eugene, tidak ada penemuan lain di benua Asia maupun benua Afrika. Akibatnya, di tengah kerasnya bantahan para ilmuwan Eropa, laporan Eugene lenyap. Sehingga teori yang dilontarkan Eugene hilang selama kurang lebih 30 tahun lebih.

Namun ternyata waktu juga yang berhasil menghalau kabut yang menutupi kebenaran teori Eugene. Seiring memasuki abad 20, makin banyak terjadi penemuan fosil manusia purba di sekitar kawasan tempat Eugene Dubois melakukan penggalian. Akhirnya, teori yang menyatakan manusia berasal dari Eropa, hanya tinggal cerita dongeng saja. Manusia Jawa yang diperkirakan hidup antara 700.000 hingga 1.200.000 tahun lalu, akhirnya diakui sebagai penemuan manusia purba yang berusia paling tua. Jerih payah Eugene Dubois dinilai sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu Arkeologi. Namanya serta penemuannya yang spektakuler, dicantumkan dalam buku sejarah.

Mungkin dalam dunia scient, orang beranggapan Afrika adalah daratan yang tertua. Namun penemuan Eugene dan teman-temannya di Indonesia, layak dihormati. Lagipula, belum ada penemuan sekaliber Eugene Dubois di Afrika hingga saat ini.

(berbagai sumber)

Sangiran, Gudang Fosil Purbakala Kelas Dunia
Sangiran, Surga Arkeologi

Sangiran adalah situs warisan dunia. Tidak ada yang dapat menyangkal hal itu. Di mata orang awam, Sangiran memang tidak sekondang Borobudur. Sebab utamanya berpulang ke daya tarik visual. Orang yang Borobudur sudah memenuhi benaknya dengan bayangan hal-hal aneh, megah atau menakjubkan. Sesampai di tujuan yang mereka lihat mungkin berbeda namun tidak berselisih jauh dari bayangan.

Calon pengunjung Sangiran dengan isi kepala serupa pasti akan kecewa. Peminat kepurbakalaan (utamanya pelajar-mahasiswa) pun kerap melihat situs yang namanya perkasa di peta evolusi ini ‘lebih ramai cerita ketimbang pentasnya’. Namun, tak dapat dipungkiri, tempat ini adalah gudangnya fosil purbakala sejak penemuan Eugene Dubois. Temuan fosil di situs Sangiran memiliki arti signifikan dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Tapi jangan lupa khususnya bagi Indonesia, ilmu yang membahas fosil-fosil itu kurang populer. Untuk mudahnya bukan ilmu yang bisa (langsung) menghasilkan uang. Mayoritas dari kita, diakui atau tidak, bersekolah untuk mendapat pekerjaan, demi mengasapi dapur dan syukur-syukur bisa mengubah nasib. Bidang studi yang dijubeli calon mahasiswa hingga hari ini belum bergeser dari teknik, kedokteran, ekonomi dan hukum. Akibatnya apresiasi bagi situs Sangiran hanya sekadarnya.

Sangiran terletak 20-an km di utara Solo. Cara termudah untuk mengunjungi museum Sangiran adalah dengan naik sepeda motor. Bila memakai angkutan umum, dari terminal Tirtonadi, Solo, orang bisa naik bis jurusan Purwodadi (bis besar) atau Gemolong (bis 3/4). Bilang pada awak bis untuk turun di Kalijambe, di pertigaan ke Sangiran. Dari pertigaan ke museum dengan ojek.

Museum Sangiran dilengkapi dengan gedung pertunjukkan. Bila kuota peminat tercukupi, VCD “The Foot Print of Fore Fathers” akan diputar. Tayangan berdurasi 20 menit itu padat informasi. Pembentukan kubah Sangiran karena aktivitas Gunung Lawu purba, pelapukan karena hujan, terkelupasnya lapisan tanah, tereksposnya fosil, muncul berturut-turut di layar.

Di bagian kedua ada episode keluarga Pithecanthropus memburu Stegodon Trigonochepalus (gajah purba berkepala bentuk segitiga). Antara nonton VCD dan kunjungan ke museum mestinya satu paket. Urutannya pun tak boleh di balik. Menikmati VCD di sini untuk mengasah apresiasi. Setelah itu, sembari mengamati fosil-fosil di balik etalase, imajinasi akan lebih hidup

sumber: http://misteri-us.blogspot.com/2009/12/manusia-jawa-adalah-nenek-moyangnya.html

Khasiat bawang merah

Bawang merah 

Nama Latin :
Allium cepa L

Nama Daerah :
Bawang abang mirah (Aceh), Pia (Batak), Bawang abang (Palembang),  Bawang sirah, Barambang sirah, Dasun merah (Minangkabau),  Bawang suluh (Lampung),  Bawang beureum (Sunda), Brambang, Brambang abang (Jawa), Bhabang mera (Madura), Jasun bang, Jasun mirah (BaIi), Lasuna mahamu, Ransuna mahendeng, Yantuna mopura, Dansuna rundang, Lasuna randang, Lansuna mea, Lansuna Raindang (Sulawesi Utara), Bawangi (Gorontalo), Laisuna pilas, Laisuna mpilas (Roti),  Kalpeo meh (Timor),  Bowang wulwul (Kai),  Kosai miha,  Bawa rohiha (Ternate),  Bawa kahori (Tidore).

Bawang merah

Bawang merah

Habitat :
           Dibudidayakan pada dataran rendah sampai 1300 m dpl, pada daerah lembab dan cukup air.

Deskripsi :
Herba semusim, tidak berbatang. Daun tunggal memeluk umbi lapis. Umbi lapis menebal dan berdaging, warna merah keputihan. Perbungaan berbentuk bongkol, mahkota bunga berbentuk bulat telur. Buah batu bulat, berwarna hijau. Biji segi tiga warna hitam. Bagian yang Digunakan Umbi lapis.

Kandungan Bawang Merah :
Minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptida, fitohormon, vitamin, dan zat pati.

Khasiat Bawang Merah :
Khasiat Bawang Merah adalah sebagai Bakterisid, ekspektoran, diuretik

Resep Tradisional Bawang Merah:

Batuk :

  • Umbi Bawang merah 4 gram
  • Daun Poko segar 4 gram
  • Daun Sembung segar 3 gram
  • Herba Pegagan segar 4 gram
  • Buah Adas 2 gram Air 125 ml

Cara pembuatan: Dipipis, dibuat infus atau pil.

Cara pemakaian: Diminum sehari 1 kali, pagi hari 100 ml.

Apabila dipipis diminum 1 kali sehari 1/4cangkir. Pil diminum 3 kali sehari 9 pil.

Lama pengobatan: Diulang selama 14 hari.

Kencing Manis :

  • Umbi Bawang Merah (dirajang) 4 gram
  • Buah Buncis (dirajang) 15 gram
  • Daun Salam (dirajang) 10 helai Air 120 ml

Cara pembuatan: Dibuat infus.

Cara pemakaian: Diminum sehari 1 kali 100 ml.

Lama pengobatan: Diulang selama 14 hari.

Demam dan Perut Kembung pada Anak-anak Ramuan:

  • Umbi Bawang Merah (potong tipis) secukupnya
  • Minyak Kelapa secukupnya
  • Minyak Kayu Putih secukupnya
  • Cara pembuatan: Diremas-remas.

Cara pemakaian: Minyak tersebut dioleskan pada perut yang kembung, seluruh badan, kaki, dan tangnn pada anak yang demam.

Sumber :
TOGA [Tanaman Obat keluarGA], kaskus,forum.

http://tanamanherbal.wordpress.com